Fungsi Ginjal Sangat Penting Bagi Kehidupan

Fungsi ginjal sangat penting bagi kehidupan Seperti yang telah anda ketahui Ginjal merupakan  bagian penting dari sistem ekskresi di dalam tubuh manusia. Ada sepasang ginjal yang terdapat dalam tubuh manusia. Panjang ginjal ini sekitar 10 cm dengan berat kurang lebih 200 gram. Perannya ialah Sebagai alat ekskresi, diantaranya mengeluarkan sisa penyaringan darah yang berupa urine. Namun ternyata fungsi ginjal tidak sekedar alat organ pengeluaran atau ekresi saja, untuk itu disini kami akan membahas beberapa fungsi dari ginjal.

fungsi ginjal nomor 1Fungsi utama dari ginjal yaitu untuk menyaring darah dan mengeluarkan cairan berlebih pada tubuh. Ginjal mengurangi jumlah  garam dengan tepat dan mineral lainnya yang berada di  dalam darah. Jika kelebihan akan disaring oleh ginjal dari darah dalam bentuk cairan limbah yang disebut urin. Berikut ini adalah fungsi lain dari ginjal yang perlu anda ketahui

Menjaga pH Darah

pH merupakan tingkat keasaman pada suatu zat. Ginjal berfungsi sebagai penjaga kadar pH darah agar tidak terlalu asam. Ginjal mempertahankan pH plasma darah pada kisaran 7,4 melalui pertukaran ion hidronium dan hidroksil. Akibatnya, urine yang dihasilkan dapat bersifat asam pada pH 5 atau alkalis pada pH 8.

Menjaga Keseimbangan Air dalam Tubuh

Ginjal setiap hari mengeluarkan sekitar 2 liter air dari dalam tubuh. Sebagian air dikeluarkan supaya tidak terjadi kelebihan air di dalam darah. Jika kelebihan, maka darah akan mengencer dan sangat berbahaya bagi tubuh. Tubuh menjaga keseimbangan air dengan mempertahankan tekanan osmotik ekstraseluler (di luar sel). Jika tekanan tersebut berlebihan, maka akan dikeluarkan dari tubuh salah satunya melalui ginjal.

Mengekskresikan zat-zat yang merugikan bagi tubuh

Ginjal akan mengekskresikan (mengeluarkan) zat-zat yang merugikan bagi tubuh seperti urea, asam urat, amoniak, creatinin, garam anorganik, bakteri, dan juga obat-obatan. Jika zat tersebut tidak dikeluarkan maka akan menjadi racun yang dapat membahayakan kesehatan di dalam tubuh.

Memproses Ulang Zat

Ginjal akan mengembalikan kembali zat yang masih berguna bagi tubuh kembali menuju darah. Zat tersebut berupa glukosa, garam, air, dan asam amino. Proses pengembalian zat yang masih berguna ke dalam darah disebut reabsorpsi.

Mengatur Volume Cairan dalam Darah

Ginjal dapat mengontrol jumlah cairan darah yang dipertahnkan agar tetap seimbang didalam tubuh. Tanpa adanya control dari ginjal maka tubuh akan menjadi kering karena kekurangan cairan darah atau sebaliknya, tubuh tenggelam karena kebanjiran cairan didalam tubuh yang menumpuk tidak terbuang.

Mengatur Keseimbangan Kandungan Kimia dalam Darah

Salah satu contohnya yaitu mengatur kadar garam didalam darah.

Mengendalikan Kadar Gula dalam Darah

Ginjal amat penting untuk mengatur kelebihan atau kekurangan gula dalam darah dengan menggunakan hormon insulin dan adrenalin. Ini penting untuk menghindari diabetes. Insulin berfungsi sebagai hormon penurun kadar gula dalam darah jika kadar gula dalam darah berlebih. Adrenalin berfungsi untuk menaikkan kadar gula dalam darah jika kadar gula di dalam darah tidak mencukupi.

Penghasil Zat dan Hormon

Ginjal merupakan penghasil zat atau hormon tertentu seperti eritropoietin, kalsitriol, dan renin. Hormon yang dihasilkan oleh ginjal yaitu hormon eritroprotein atau yang disingkat dengan EPO berfungsi untuk merangsang peningkatan laju pembentukan sel darah merah oleh sumsum tulang. Renin berfungsi untuk mengatur tekanan darah di dalam tubuh, sementara kalsitriol merupakan fungsi ginjal untuk membentuk vitamin D, menjaga keseimbangan kimia di dalam tubuh, serta untuk mempertahankan kalsium di dalam tulang yang ada di dalam tubuh.

Mempertahankan keseimbangan Kadar Asam dan Basa

Ginjal berfungsi untuk mempertahankan keseimbangan kadar asam dan basa dari cairan tubuh dengan cara mengeluarkan kelebihan asam/basa melalui urine.

Mengatur Kadar Kalium dalam Darah

Kalium (K) atau potasium adalah mineral yang berfungsi untuk membuat semua sel, jaringan, dan organ dalam tubuh tetap berfungsi dengan baik. Kalium sangatlah penting bagi tubuh. Namun jika kadarnya terlalu berlebihan maka akan terjadi hiperkalemia yang dapat menyebabkan otot jantung berhenti berdetak atau berdetak tidak beraturan. Jika kadarnya di dalam darah kurang, maka akan terjadi kelelahan, kulit kering, kelemahan otot, dan gerak refleks menjadi lambat. Maka dari itu, ginjal menjadi penting karena berfungsi sebagai pengatur kadar kalium di dalam darah dengan cara membuang atau menyerap kembali kalium yang masuk ke dalam nefron.

Menjaga Tekanan Osmosis

Ginjal menjaga tekanan osmosis dengan cara mengatur keseimbangan garam-garam di dalam tubuh. Jika fungsi ginjal telah menurun dapat menghilangkan salah satu fungsi yang penting bagi kehidupan. Maka dari itu biasanya dilakukan penggantian ginjal untuk mencegah hal itu terjadi disini kami punya obat herbal penyakit ginjal nomor 1 yang terbuat dari bahan 100% alami yang berkhasiat baik untuk ginjal yaitu kidney care capsule yang mampu memperbaiki fungsi ginjal yang menurun dan menjaga ginjal anda tetap sehat. Untuk mendapatkan hasil yang optimal baca aturan pakainya pada kemasan. Anda juga dapat memesannya langsung dari rumah dengan cara mengirimkan pesan dengan format dibawah ini kepada kami.

Ketik   TKCM : Jumlah Pesanan : Nama Anda : Alamat Lengkap : No.HP/No.Tlp

Kirim ke

085 223 557 127 atau PIN 27D0310B

Contoh Pemesanan :

TKCM : 4 Botol : Abdul Wahhab : Jl. Ahmad Yani No.14 RT 001 RW 012 Kel. Sukamanah Kec. Cipedes, Tasikmalaya : 085 222 444 XXX

Kirim ke

085 223 557 127 atau PIN 27D0310B

NP :

“TKCM” adalah kode produk yang WAJIB di cantumkan dalam format pemesanan Kidney Care Capsule (for Man) ini, dan kami  TIDAK MELAYANI pemesanan TANPA KODE produk tersebut. untuk informasi lengkap pemesanan klik disini

Terima Kasih

Fungsi Ginjal Sangat Penting Bagi Kehidupan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: